Hidroponik sudah menjadi trend dalam mewujudkan penanaman yang sederhana dan efektif serta ramah lingkungan. Keunggulan pertanian dengan sistem hidroponik yaitu memanfaatkan pipa sebagai media tanam tanpa memerlukan tanah. Pertanian hidroponik menekankan pada pemenuhan nutrisi bagi tanaman bahkan kebutuhan air pada system hidroponik lebih sedikit daripada menggunakan media tanah.

Kelurahan kangenan merupakan salah satu kelurahan yang mendapat bantuan dari Bupati Pamekasan berupa program budidaya tanaman Hidroponik. Pemberian bantuan tersebut diberikan kepada Ibu PKK POKJA 3 yang diwakilkan kepada Lurah Kangenan. Pemberian bantuan tersebut merupakan salah satu Program Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan untuk menciptakan 10.000 usaha baru di Kabupaten Pamekasan.

Lokasi tempat budidaya hidroponik berada di Pusat Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (PKPM), Kangenan Lingkungan Selatan. Ada dua jenis tanaman Hidroponik yang di budidayakan yaitu sawi dan bayam merah.

Selain hidroponik, PKK Kelurahan Kangenan juga mendapatkan bantuan berupa seperangkat alat pengolahan dan peralatan pengemasan. Harapan kedepannya mudah-mudahan PKK Kelurahan Kangenan dapat mempergunakan program bantuan tersebut untuk kepentingan kesejahteraan keluarga serta dapat menjadi dorongan terciptanya usaha baru di bidang pertanian lewat pengolahan tanaman hidroponik mulai dari penanaman, pengolahan hingga pengemasan.

Pemberian bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan juga diserahkan kepada Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Potre Koneng Kelurahan Kangenan berupa seperangkat peralatan menjahit guna mendukung kegiatan BKM di bidang sosial.

Leave a Comment