PELATIHAN BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK

PENANAMAN, PENGOLAHAN, DAN PENGEMASAN

Upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya bagi ibu rumah tangga untuk keberlangsungan keluarga di lingkup Kelurahan Kangenan dilakukan dengan cara mengadakan pelatihan budidaya tanaman hidroponik, pengolahan, dan pengemasan.

Pelatihan ini berlangsung di kantor kelurahan kangenan dengan jumlah peserta hampir 90 orang. Pelatihan dimulai dari jam 08.00-11.00 dan berlangsung selama 3 hari berturut-turut dengan masing-masing peserta 30 orang yang terdiri dari anggota dan kader-kader PKK. Materi hidroponik disampaikan oleh Frenky Herman pemilik Frenks Hidroponik dari desa Panempan.

Adanya acara pelatihan ini diharapkan mampu mengubah pola hidup masyarakat yang lebih sehat dan bebas dari pestisida. Peserta tampak sangat antusias karena penyampaikan materi yang ringan dan menggunakan media peraga sehingga peserta dapat melihat secara langsung bentuk produk dari media tanam, nutrisi, dan tanaman hidroponik yang baru tanam dan siap panen.

Selain itu peserta juga bisa mencicipi langsung sayur hidroponik yang di bawakan oleh pemateri. Kelebihan dari tanaman hidroponik yaitu rasanya tidak pahit seperti yang biasa dibeli di pasar karena tidak menggunakan pestisida.

Produk dari tanaman hidroponik juga bisa diolah menjadi produk yang lebih bernilai ekonomis seperti, salad, jus, pudding, mie, kripik, bakso, nugget dan lain-lain. Dengan adanya produk olahan tersebut dapat membantu anak-anak yang tidak suka sayuran sehingga nutrisinya tetap terjaga.

Setelah adanya pelatihan hidroponik ini,, akan dilanjutkan memulai penanaman bibit yang dikelola oleh PKK kelurahan Kangenan. Kegiatan tersebut bertempat di Pusat Pelayanan Terpadu (Mall Pelayanan) Kangenan yang berada dilingkungan Selatan.

Leave a Comment