Kelurahan Kangenan, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan menggelar Pembentukan Satgas Penanggulangan dan Pengendalian Penyebaran COVID-19, Kelurahan Kangenan melibatkan Pengurus Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) setempat, sebagai tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, yang dikukuhkan di kantor Pusat Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (PKPM) Kangenan, Pamekasan, Jawa timur, Selasa pagi (31/03/2020).

Selain itu, turut terlibat Forum Komunikasi Antar (FKA) RT-RW, PKK, BKM, kelompok tani, karang taruna, Kamtibmas, Babinsa, bidan setempat dan Puskesmas Pembantu (Pustu) kelurahan.

Nurul Hidayat selaku Ketua PR GP Ansor Kangenan mengapresiasi atas pembentukan tim Satgas Covid-19 yang melibatkan beberapa unsur elemen masyarakat, termasuk PRNU kangenan dan PR GP Ansor Kangenan.

“Sesuai dengan imbauan pemerintah dan PBNU, untuk menangani dan mencegah Virus Covid 19, memang perlu ikut adil golongan pemuda, khususnya GP Ansor untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat agar waspada dan patuh terhadap imbauan dan peraturan serta tata cara menangani virus yang sangat mudah menyebar ini,” tuturnya.

Sementara itu, Saudi Rahman, Camat Kecamatan Kota Pamekasan mengajak relawan Satgas Covid-19 menyosialisasikan cara pencegahan Covid-19 dan mengubah pola Pikir masyarakat.

“Ganti pola pikir, anggap kita yang positif Corona untuk menjaga jarak antara kita dengan orang lain, untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dakky Dzul O., Kapolsek Kota Pamekasan mengatakan, RT wajib melaporkan sekaligus mengajak masyarakatnya yang baru datang dari luar kota ke posko Covid-19 dan mengimbau kepada relawan, jika ada masyarakat yang baru datang dari luar kota, tidak mau periksa ke posko, maka relawan yang mendatangi masyarakat tersebut.

“Kalo ada masyarakat baru datang dari luar kota, RT wajib melaporkan dan mengajak masyarakat tersebut ke posko pencegahan Covid-19, jika ada masyarakat yang tidak mau periksa ke posko, mari tim relawan yang datang kerumahnya,” ajaknya.

Sementara itu, Bapak Sunarto selaku Lurah Kelurahan Kangenan menyampaikan, Satgas Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan bertugas untuk melakukan pemantauan wilayah,memberikan nasihat, imbauan dan memonitoring serta evalusai pelaksanaan kegiatan pencegahan Covid-19.

“Tentu dengan adanya Satgas Covid-19 ini diharapkan dapat efektif dalam memutus penyebaran virus corona,” tandas Bapak  sunarto.

Sedangkan, Firdausi L, Dandim Pamekasan, mengimbau kepada tim relawan menyosialisasikan agar masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan.

“Jaga kesehatan, karena jika imun kita lemah kita akan mudah tertular, terutama kepada anak kecil, orang yang memiliki riwayat penyakit TBC dan orang lansia” iimbaunya.

Dalam acara pengukuhan tim satgas Covid-19, ditutup oleh KH. Abd. Hadi selaku Ketua PRNU Kangenan, dengan pembacaan Shalawat Syifa’ dan doa bersama.

 

Leave a Comment