Banyak orang yang tidak menyadari bahwa lingkungan dimana orang tinggal perlu di pelihara dan mendapat perawatan. Tanpa adanya pemeliharaan, lingkungan bisa berubah menjadi tempat yang berbahaya bagi kehidupan manusia. Sebagai contoh adalah saluran air pembuangan atau selokan. Aliran air di selokan haruslah terus mengalir dan tidak boleh tergenang. Apabila saluran tersebut mampet dan air tergenang maka bisa menjadi sarang nyamuk malaria bahkan dapat menjadi sarang ular.

Melihat latar belakang permasalahan di atas sehingga perlu adanya diadakan suatu kegiatan untuk menunjang kebersihan lingkungan tempat tinggal warga, salah satunya adalah kerja bakti. Agenda kerja bakti warga di kelurahan kangenan dilaksanakan minimal satu bulan sekali tepatnya pada hari minggu atau hari libur. Apabila musim hujan kerja bakti warga dilakukan lebih sering atas inisiatif warga sendiri. Kerja bakti dilakukan serentak oleh setiap warga di wilayah RW 01 sampai RW 12. Kerja bakti yang dilakukan warga yaitu membersihkan lingkungan, melancarkan aliran selokan atau got, merapikan tanaman, membetulkan penerangan jalan, atau membangun fasilitas publik tertentu. Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti sampah dan bau yang tidak sedap.

Lingkungan yang bersih dan sehat bertujuan agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan. Sisi Positif Kerja Bakti salah satunya adalah silaturahmi antar warga. Kesibukan kerja membuat silaturahmi tidak begitu berjalan dengan baik sehingga dengan adanya kerja bakti, diharapkan mereka bisa saling bertemu.

Manfaat sosial lainnya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan sosial bertetangga. Silaturahmi dalam kerja bakti bisa mendapatkan informasi bahwa seseorang sedang keluar kota, berhalangan atau sakit. Dengan demikian warga dapat mengkondisikan, memberi bantuan atau pertolongan. Melalui silaturahmi hasil kerja bakti, dapat mendeteksi hal-hal yang mencurigakan, kemiskinan, tindakan kriminal, atau gangguan sosial lainnya.

Kerja Bakti juga diterapkan di lingkup kantor kelurahan kangenan oleh seluruh staf. Agenda tersebut untuk membangun kekompakan dan melatih kerjasama yang baik antara Staf, Honorer dan Aparatur Kelurahan Kangenan. Kegiatan kerja bakti tersebut dilaksanakan rutin setiap hari jum’at agar lingkungan kantor kelurahan tetap terlihat bersih dan nyaman. Selain itu diharapkan mampu memberikan contoh kepada masyarakat agar bisa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Leave a Comment