Pemerintah semakin gencar melakukan kampanye mengurangi penggunaan plastik. Pemerintah mendorong masyarakat dan industri untuk mengubah perilaku yang lebih memperhatikan aspek lingkungan dalam pola konsumsi maupun produksi. Kemasan produk makanan dan minuman yang tidak dikelola dengan baik, menghasilkan timbunan sampah yang berdampak buruk pada lingkungan.

Berbagai gerakan untuk mengurangi pemakaian plastik sekarang ini tengah jadi tren. Bawa tumbler sendiri, tak lagi pakai sedotan plastik, sampai tak membawa kantong plastik sendiri.
Gerakan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengurangan penggunaan sampah plastik yang cukup menjadi isu penting bagi kesehatan.

Kelurahan Kangenan Kecamatan Pamekasan memulai langkah nyata yang coba ditanamkan dalam gerakan diet sampah plastik dengan mengajak ibu-ibu PKK, kader posyandu, dan seluruh staf kantor Kelurahan Kangenan untuk mengubah perilaku dan kebiasaan menggunakan bahan peralatan dasar berbahan plastik. Harapan kedepannya diharapkan dapat selalu dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Bapak lurah kangenan memberikan tumbler pada setiap peserta undangan yang hadir pada hari senin 09 Maret 2020. Peserta undangan yang hadir kurang lebih 60 orang dan kegiatan tersebut diletakkan di Pusat Kegiatan Masyarakat Kelurahan Kangenan pada pukul 15.30 WIB. Pembagian tumbler tersebut dilakukan di akhir acara yang diwakilkan oleh ibu-ibu PKK.

Dalam acara tersebut juga disampaikan dua materi kesehatan yaitu gerakan cara mencuci tangan yang benar, atau suka disingkat TEPUNG SELACI PUPUT di rumah sakit, materi tersebut disampaikan oleh bidan Lilim dan Materi Asman Toga disampaikan oleh Ibu Soeryowati.

Tepung Selaci Puput yaitu:

1. Telapak tangan: gosok kedua telapak tangan

2. Punggung tangan: gosok punggung dan sela-sela jari sisi luar tangan kiri dan sebaliknya.

3. Sela-sela jari: gosok telapak tangan dan sela-sela jari sisi dalam

4. Kunci: jari jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci

5. Putar: gosok ibu jari tangan kiri dan berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya

6. Putar: rapatkan ujungjari tangan kanan dan gosokkan pada telapak tangan kiri dengan cara memutar mutar terbalik arah jarum jam, lakukan pada ujung jari tangan sebaliknya.

Salah satu strategi pembangunan kesehatan adalah mendorong masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri melalui asuhan mandiri. Asuhan mandiri (Asman) adalah upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri  dengan memanfaatkan TOGA (taman obat keluarga) dan ketrampilan akupresur. TOGA merupakan sekumpulan tanaman berkhasiat obat yang ditanam di pekarangan rumah dan diramu untuk memelihara kesehatan keluarga.

Leave a Comment